Pages

Blog Archive

Wednesday, May 23, 2012

Teknik Dasar Kendarai Sepeda

SEBELUM memulai bersepeda gunung, ada beberapa teknik dasar yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang belum mengetahuinya, semik berikut.

SELALU IKUTI JALUR

Anda harus menentukan jalur mana yang akan anda lalui. Jika ragu, semuanya bisa jadi salah. Postur saat mengendarai bisa berubah saat Anda lebih memikirkan rasa takut dibanding mengendarai sepeda itu sendiri, terutama saat menuruni bukit, Anda bisa jatuh.
PIKIRAN 2-3 LANGKAH KEDEPANJangan fokus pada satu rintangan untuk waktu yang lama, Selalu berhati-hati pada rintangan yang ada di depan.
JANGAN KUNCI PANDANGAN PADA PENGENDARA DI DEPANLihat agak jauh ke depan. Jangan fokus pada roda depan Anda atau roda belakang pengendara di depan Anda.

GANTI KE GIGI RINGAN SAAT MELINTASI MEDAN PASIR, AIR ATAU LUMPURTransfer beban ke roda belakang. Jangan rem, hal ini hanya akan membuat Anda kehilangan keseimbangan. Santai dan lewati rintangan. Hal ini akan membuat roda Anda meluncur melewati medan ini.
MUNDURKAN SADEL KETIKA JALAN TURUNHal ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi pada rintangan yang tak terlihat. Disamping itu, lebih baik jatuh ke belakang daripada ke depan melewati setang.
JANGAN PEGANG SETANG TERLALU KENCANGHal ini akan membuat tubuh atas tegang dan membuat Anda cepat lelah. Kendurkan sedikit.
JANGAN LETAKKAN JEMPOL DI ATAS SETANGHal ini akan membuat pegangan Anda pada setang mudah kendur jika Anda mendabrak sesuatu.
SEDIKIT BENGKOKKAN SIKU DAN SANTAIKAN PUNDAKHal ini akan membantu Anda menyerap kejutan yang mungkin akan Anda alami selama perjalanan. Bagi pemula, jangan langsung memaksakan diri melalui jalur berat atau jalan yang jauh. Selamat gowes

0 comments:

Post a Comment